-->

Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)

ARTIKEL TUTORIAL | Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)Corel DRAW adalah sebuah editor grafik vektor garapan perusahaan software yang berpusat di Ottawa, Kanada yang bernama COREL, . Pada awalnya, Corel DRAW dikembangkan untuk dijalankan pada Operating System Windows 2000, sementara untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan yang kemudian dihentikan karena penjualan yang rendah. Versi terbaru dari Corel DRAW adalah versi X5 atau 15, yang dirilis pada 23 Februari 2008.


Untuk mulai menggunakan aplikasi Corel DRAW, pertama tentunya anda harus masuk ke dalam aplikasi-nya. Adapun caranya adalah pilih Start > Corel DRAW.

Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)

Setelah itu, akan muncul tampilan awal Corel DRAW seperti di bawah ini.

Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)

Jika sudah kita akan membuat lembar kerja baru. Pilih “New Blank Document” untuk memulai lembar kerja baru, bila sudah di-klik maka akan mucul tampilan seperti di bawah ini.

Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)

Jendela ini berisi beberapa pengaturan untuk lembar kerja yang nanti akan digunakan, terdapat pengaturan untuk : Ukuran Kertas (Tersedia), Ukuran Kertas (Custom), Bidang Lembar Kerja (Potrait & Lendscape), Warna Primer (RGB & CMYK), Resolusi Rendar, dan Mode Preview. Pilih “OK” untuk melanjutkan, dan akan muncul lembar kerja yang siap digunakan seperti yang terlihat di bawah ini.


Sampai disini, anda telah berada pada lembar kerja Corel DRAW. Di dalam tampilan utama, kita dapat menjumpai berbagai tools dan bar yang menjadi alat untuk kita berkreasi atau bermain dengan Corel DRAW.

Dapat kita jumpai di antaranya : Lembar Kerja, Menu Bar, Standard Bar, Properties Bar, ToolBox, Halaman Lembar Kerja, Object Manager, Character Formatting, dan Object Properties.

Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)

Lembar Kerja
Lembar kerja berperan layaknya canvas, dimana kita bisa berkreasi di atasnya. Ukuran canvas bermacam-macam, kita bisa setting sesuai kebutuhan.Menu Bar
Menu bar adalah sederet opsi yang tersedia dalam Corel DRAW, menu bar mendukung banyak kebutuhan yang diperlukan dalam proses desain.

Standard Bar
Standard bar merupakan bar yang berisi hal-hal standard aplikasi, di dalamnya terdapat button-button yang berfungsi standard seperti : New, Save, Print, Copy, Cut, Paste, dll..

Properties Bar
Peroperties bar berisikan properties dari lembar kerja, seperti : Ukuran Kertas, Page Priview, dll..

ToolBox
ToolBox merupakan tempat dimana tools atau alat-alat bantu yang digunakan untuk membuat desain.

Halaman Lembar Kerja
Halaman lambar kerja adalah lembar-lembar yang digunakan, kita bisa menggunakan lebih dari satu lembar kerja. Seperti penggunaan banyak tab pada sebuah browser.

Object Manager
Object manager merupakan tempat memonitor komponen objek yang digunakan saat mendesain, semua terpantau terurut sesuai dengan urutan saat kita memasukkan objek-objek ke dalam lembar kerja.

Character Formatting
Character formatting merupakan tempat untuk mengedit teks karakter per karakter.

Object Properties
Object properties adalah tampat dimana kita bisa mengatur properti dari objek-objek yang ada di dalam lembar kerja, seperti untuk memberikan warna, merubah outline, dll..

Nah, sekian dulu postingan saya kali ini, sebagai pengantar awal aplikasi Corel DRAW ini. Jika anda sudah mulai Mengenal Dasar Corel DRAW, anda bisa melanjutkan belajar Tutorial Corel DRAW yang lain. Saya akan coba kembali membagikan Tutorial lainnya dilain waktu.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat. Wasssalam..

0 Response to "Mengenal Dasar Untuk Memulai Belajar Corel DRAW (Untuk Pemula)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel