-->

6 Tips Sukes Wawancara Kerja

6 Tips Sukes Wawancara Kerja - Ketika Anda sukes dengan surat lamaran, CV dan menerima panggilan wawancara, ada hal lain yang mesti Anda persiapkan yaitu bagaimana agar sesi wawancara ini berlangsung dengan sukses. Sehingga Anda semakin dekat dengan gol Anda diterima bekerja. Lantas apa saja?

6 Tips Sukes Wawancara Kerja



    1. Pencarian Informasi Mengenai Perusahaan dan Siapa yang Mewawancara Anda

Sebaik-baiknya proses pelamaran adalah mengetahui biografi perusahaan yang Anda lamar. Namun ketika Anda sudah sampai di tahap wawancara yang semestinya Anda lakukan adalah mencari tahu seperti apa orang yang bakal mewawancarai Anda.

    2. Perkirakan Pertanyaan Apa yang Akan ditanyakan dan Jawaban yang Akan Anda Berikan

Salah satu kunci wawancara yang sukses adalah mempersiapkan diri dari pertanyaan-pertanyaan yang ajaib. Kunci dari semuanya adalah kontrol diri saat memberikan jawaban. Gol Anda adalah mempersiapkan jawaban detail, fokus dan spesifik pada jawaban. Tidak mengada-ada dan jangan lupa senyuman.

    3. Berpakaianlah Seperti Orang Sukses
Karena sebuah “kebohongan” kalau orang melihat dari dalamnya. Manusia melihat dari bungkusan luar sebelum tahu dalamnya. Jadi yang Anda harus lakukan adalah memenuhi keinginan mata mereka supaya mereka tertarik untuk melihat isi di dalam Anda.

    4. Datang Tepat Waktu Kalau Bisa 30 Menit Lebih Dulu

Tidak ada kata maaf untuk Anda bila datang terlambat. Ini bukan persoalan mengatur detak jantung Anda supaya tidak terlalu deg-degan. Tetapi jadikan waktu yang terluang menjadi momen dimana Anda melakukan observasi terhadap calon tempat Anda bekerja.

    5. Berikan Kesan Pertama yang Baik

Sopan dan memberikan salam hangat kepada siapapun yang Anda temui. Anda tidak tahukan kalau selanjutnya mereka akan menjadi rekan kerja. Terkadang perusahaan ingin tahu bagaimana cara Anda memperlakukan orang-orang yang pertama kali Anda temui dan ini menjadi penilaian tersendiri. Berikan kesan yang baik dengan caa berpakaian, datang tepat waktu, postur berdiri, senyum dan kontak mata.

    6. Jadilah Orang yang Otentik

Salah satu kunci sukses lain mendapatkan respons yang berkualitas dari pewawacara adalah dengan memberikan pengalaman wawancara yang nggak biasa. Tunjukkan kalau Anda berbeda dari yang lain. Anda orang yang otentik sehingga kehilangan besar kalau perusahaan tidak merekrut Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel