-->

Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server

Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server - Sebutan server merupakan istilah yang sudah sering kita dengar khususnya di bidang komputer. Dari namanya mungkin anda bisa tebak apa itu server.  Ya, sesuai dengan namanya server atau dalam bahasa Indonesia disebut pelayan merupakan komputer yang melayani permintaan dari komputer client di dalam lingkup jaringan.

Sedangkan client sendiri merupakan istilah dalam arsitektur jaringan client server. Client merupakan komputer yang meminta atau merequest baik itu file, aplikasi, resource seperti penggunaan memori, hardisk, printer ke komputer server.

Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server
Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server

Pengertian Komputer Server

Seperti di sebutkan di atas, komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya seperti memori yang lebih besar, hardisk dengan kapasitas tinggi, printer yang bisa digunakan bersama dan lain-lainnya.

Jenis Komputer Server

Komputer server ada  berbagai jenis, seperti lokal server yang di gunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya kita gunakan di internet.

Fungsinya pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya di buat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti webserver, database server, file server, game server, proxy server, printer server dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:

Fungsi dan Kegunaan Komputer Server
Dari penjelasan pengertian komputer server di atas, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari komputer server. Berikut beberapa fungsi dari komputer server:

1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.

2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.

3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.

4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.

5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

6.  Menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.

7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server.

Manfaat Penggunaan Komputer Server

Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.

Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan.

Jelas lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer dalam satu jaringan? Bukan saja hanya printer, resource lainnya seperti memori, hardisk, scanner pun bisa anda gunakan bersama. 

Demikian postingan tentang Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server yang sempat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam..

0 Response to "Pengertian , Jenis, Fungsi dan Manfaat Komputer Server"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel